Dag, Dig, Dug, Dar!- MENUJU MUNAQOSAH 2019

Gondanrojo-(01/05) Genderang perang belum ditabuh, kegemuruhan sudah menyelimuti hati seluruh santri. Sejak hari ini, munaqosah (ujian madrasah, red) hanya tinggal menghitung jam, tepatnya munaqosah akan dilaksanakan pada Rabu 1 Mei 2019 untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Kamis 2 Mei 2019 untuk tingkat Madrasah Aliyah.

Munaqosah bagi santri Al Anwar merupakan puncak dari keseluruhan ujian akhir. Tak hanya itu, kesakralannyapun membenak dihati para santri. Pasalnya untuk menempuh ujian ini, santri harus berjuang dan banyak berkorban.

Dalam mempersiapkan hal tersebut, keharuan, keseruan, dan kebersaman mewarnai hari-hari para santri. Dalam ujian akhir ini mereka harus menghafalkan juz ‘ama, surat as-sajdah, al mulk, ad-dukhon, dan yasin. Kemudian untuk baca kitab adalah 15 fashal kitab taqrib untuk MA. Hafalan jus ‘ama, tes bahasa arab dan inggris, serta baca kitab Ta’lim Al Muta’alim untuk tingkat MTs.

“Porsi belajar untuk munaqosah ini selalu ditambah setiap hari. Baik dari kami pribadi, maupun dari asatidz pembimbing, pasalnya kemampuan baca kitab harus semaksimal mungkin.” jelas seorang santri.

Santri lain menyatakan munaqosah merupakan saat-saat yang sangat ditunggu. Diibaratkan munaqosah adalah proses metamorfosa pada tahap kepompong. Pada proses ini kita harus berjuang secara ekstra untuk menjadi kupu-kupu yang luarbiasa indahnya. Begitujuga dengan munaqosah, bila kita mampu berjuang dengan maksimal maka kita dapat menuai hasil yang baik.

“Walaupun menghadapi munaqosah rasanya dag,dig,dug,dar. Tapi, juga banyak kisah seru, haru, dan pastinya akan menjadi kenagan yang tak terlupakan.” pungkasnya

Kesakralan ujian ini dapat dirasakan saat hari H. Sebab mereka akan didampingi wali masing-masing. Jadi, para wali dapat mengetahui secara langsung hasil belajar putra maupun puteri mereka selama 3 tahun di madrasah.

Meski perasaan para santri dipenuhi ketegangan dan karut-marut yang berlarut-larut mereka sangat bahagia. Karena, secara otomatis mereka akan berjumpa dengan keluarga masing-masing yang berajal dari penjuru daerah se-Indonesia.



Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *