BUKBER AKBAR PERINGATAN HAUL ABUYA SAYYID MUHAMMAD ALAWY AL-MALIKI

SARANG- Setiap orang mempunyai tradisi ataupun kegiatan rutunan bulan Ramadan mereka masing-masing. Tradisi wajib yang setiap hari dilaksanakan adalah buka bersama dengan keluarga. Suatu moment yang istimewa ketika seluruh anggota keluarga dapat membatalkan puasa bersama dan menikmati hidangan buka puasa bersama.

Hal serupa juga dilaksanakan di halaman MTs Al Anwar, tepatnya di Ngggondanrojo, Kalipang, Srang pada Sabtu sore 02/06 yang lalu. Seluruh keluarga besar Al Anwar 01, Al Anwar 02, dan Al Anwar 03, berkumpul dalam satu mjalis dalam rangka peringatan haul Abuya Sayyyid Muhammad Alawy Al-Maliki.

Acara ini teramat istimewa di hati para santri serta masyayikh, pasalnya terjadi pada bulan penuh kemulyaan. Acara dimulai sekitar pukul 15.00 dengan lantunan sahlawat bersama, dilanjutkan acara inti yaitu peringatan haul. Praacara  dibuka dengan lantunan ayat suci Al Qur’an oleh Ust. Yusuf Khalil. Kemudian pembacaan surat Yasiin oleh K.H Ainul Yaqin, dilanjutkan Tahlil yang dipimpin oleh Habib Abu Bakar Assegaf. Acara terakhir dan acara puncak adalah mauidoh dari K. H Maimoen Zubair.

Mbah Moen menyampaikan mengenai revolusi pendidikan dari zaman-kezaman yang mulai meninggalkan kitab salaf. Serta penerapan pendidikan yang sesuai pada masanya namun tetap pada dasar agama.

“Dalam menuntut ilmu harus sesuai masanya, jangan telalu fanatic serta pandai bergaul. Serta jangan sering menjustifikasi suatu perkara yang terjadi pada zaman dahulu dengan perkara yang terjadi saat ini. Kita bisa lihat dari negara Singapura, pemimpinya adalah seorang wanita, namun mampu menjadikan negaranya hebat. Rumah penduduk miskin disana minimal berlantai 12. Jadi saya tidak berani melarang keterlibatan wanita dalam pemerintahan cukup diam dengan apa yang terjadi.” Ungkap beliau.

Selain keluarga besar Al Anwar acara ini juga dihadiri pihak Muspika serta warga sekitar serta masyayikh Sarang. Setelah berbuka puasa bersama yang diikuti ratusan umat islam, acara dilanjutkan jama’ah sholat Maghrib dengan imam Habib Abu Bakar Assegaf.

Acara ini dilanjutkan malam harinya dengan AL Anwar bersholawat dalam rangka Haflah Akhirussana santri Al Anwar 02. Acara malamnya dimulai setelah sholat tarawih dan ngaos rutunan sekitar jam 20.30 bersama Ahbabul Mustofa dari Lamongan.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.