//https://alanwar02.com/wp-content/uploads/2018/03/vanoi-e1522400395456.jpg JANGAN SEPERTI AYAM YANG MATI DI LUMBUNG PADI!- Apel Madin Al Anwar 02 | PP Al Anwar 2
Home / Berita / JANGAN SEPERTI AYAM YANG MATI DI LUMBUNG PADI!- Apel Madin Al Anwar 02

JANGAN SEPERTI AYAM YANG MATI DI LUMBUNG PADI!- Apel Madin Al Anwar 02

Suasana pembacaan ratib al-hadad saat apel perdana madin Al Anwar 02 (07/02/19)

Gondanrojo-(05/03) Berbagai istilah dan jargon telah menghiasi pendengaran kita. Pepatah mengatakan “Jangan seperti ayam yang mati dilumbung padi!”. Kalimat ini dikiaskan bagi seseorang yang tidak memanfaatkan situasi dan kondisi yang dialaminya dengan baik.

Sesuai yang disampaikan Ust. Muhammad, saat apel kegiatan madin santri Al Anwar 02. Pada kesempatan kali ini beliau berpesan mengenai pentingnya kesunguhan dalam menuntut ilmu.

Tak hanya bermodal ikhlas saja. Dalam menuntut ilmu juga harus ada kesungguhan untuk mendapatkan ilmu,” jelas beliau.

Dalam menuntut ilmu memang harus ditanamkan rasa ikhlas. Namun, untuk mendapatkan ilmu juga harus memiliki rasa kesungguhan yang kuat. Sehingga, dalam menuntut ilmu dapat maksimal. Dan jangan sampai, saat dipesantren kita menyia-nyiakan waktu. Efek dari prilaku tersebut akan terasa setelah kita terjun dimasyarakat.

Setidaknya santri itu bisa membaca kitab jurumiyah. Jangan setelah terjun dimasyarakat kita tidak tau apa-apa. Kalau ditanya youtubers, selebgram, dan artis-artis saja jawabnya cepat. Tapi kalau ditanya tentang rukun sholat tidak bias menjawab,” lanjut ustadz pengampu fan fiqh tersebut didepan seluruh santri.

Jadi, kita harus memanfaatkan kesempatan menimba ilmu dengan optimal. Baik di pesantren maupun di madrasah formal. Karena tidak semua orang berkesempatan dekat dengan ilmu dan para ahli ilmu. Jangan sampai kita yang saat ini sedang dekat dengan ilmu dan ahli ilmu, justru menyia-nyiakannya begitu saja.

Jangan seperti ayam yang mati dilumbung padi!” pungkasnya.

Kegiatan apel madin ini dilaksanakan setiap awal bulan. Dalam apel rutinan ini, digelar pembacaan ratib al-hadad bersama seluruh santri.

Kedepannya, kegiatan madin akan diselingi dengan musyawarah sebanyak 2 kali dalam satu bulan, serta penilaian baca kitab 1 kali dalam satu bulan. Program ini akan dijalankan mulai bulan ini, dengan diampu oleh wali kelas muhadoroh masing-masing.

About Al-Anwar02

Check Also

BREAK, TO COME BACK!- AL ANWAR 2 TERKINI

Gondanrojo- (17/06) Dua hari kegiatan yayasan diaktifkan, seluruh santri masih dinaungi euphoria liburan. Namun, kinerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *